Tipping Jar: Cara Cepat Mengaktifkan Dukungan Dari Fans

Menjadi kreator itu bukan sesuatu yang mudah. Ada banyak orang yang memiliki bakat – sesuatu yang tentunya berbeda-beda untuk tiap orang – namun, untuk mewujudkan bakat itu menjadi sebuah karya, butuh dorongan atau rangsangan yang kuat. Selain itu, membuat karya yang baik itu pastinya memerlukan disiplin berlatih yang tidak main-main, walaupun seringkali pekarya di sekitar kita membuatnya tampak mudah. 

Menurut diskusi saya dengan beberapa kreator, salah satu tantangan utama menjadi kreator kini adalah konsistensi – yang saya artikan sebagai bagaimana caranya membuat karya secara berkesinambungan dengan kualitas yang sama ataupun cenderung naik. Padahal, proses kreasi itu belum tentu sesuatu yang dapat terjadi setiap saat, apalagi kalau membutuhkan dorongan atau rangsangan. Jawabannya pastinya berbeda-beda untuk setiap kreator. 

Sepertinya tantangan ini yang banyak ditemui kreator, saat kami mengajak mereka untuk melakukan sesuatu di KaryaKarsa. Saya bikin apa ya? Mulai dari mana? Apa ya yang bikin fans mau bayar? Pertanyaan-pertanyaan ini, menurut saya, sulit dijawab secara umum, karena lagi-lagi, kasusnya pasti berbeda-beda tiap kreator. Jadi apa yang bisa dilakukan? 

Sebelumnya saya sudah pernah menulis soal beberapa panduan mengenai perencanaan kegiatan berkarya atau konten di KaryaKarsa – saat ini, saya ingin menaruh fokus pada sebuah pilihan yang rencananya akan menjadi pilihan default untuk kreator yang baru mendaftar di KaryaKarsa — tipping jar

Tipping jar ini berlaku kalau fans ingin mengapresiasi pekerjaan dan karya seorang kreator tanpa berharap mendapatkan sesuatu kembali. Seperti tip jar yang suka ada di meja kasir restoran atau dibawa oleh penyanyi jalanan, kita sebagai konsumen akan memberikan tip sebagai tanda apresiasi. Jadi, kreator yang masih bingung mau menawarkan apa pada fansnya, bisa memulai dengan tipping jar dahulu, dan memastikan bahwa setiap akun media sosial, atau malah setiap posting, mengingatkan fans bahwa ada tipping jar. Kalau suka karyanya, tak ada salahnya diberi tip, kan? 

Untuk setiap kreator yang mendaftar ke KaryaKarsa dan lolos kurasi, otomatis akan kami aktifkan sebuah tipping jar dengan besaran Rp 10.000 setiap transaksi. Kami berharap ini menjadi katalis untuk kreator dapat mulai merencanakan tawaran yang lebih beragam untuk fansnya, dengan memulai dari sesuatu yang paling sederhana. 

Untuk yang belum daftar KaryaKarsa, cepetan! Pastikan Anda termasuk kreator yang akan ikut pada peluncuran awal kami di akhir bulan ini.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *