Menyimak sejarah dengan kreator Inspect History dan Kekunoan

Pelajaran sejarah di bangku sekolah bukan sesuatu yang mudah diterima, apalagi diajarkan. Meskipun bahan materinya pastinya menarik, namun seperti banyak ilmu yang lain, cara penyampaian yang cocok juga menentukan apakah informasi dan ilmu yang terkandung di dalamnya dapat tersampaikan. Kita beruntung — ada dua kreator yang mengangkat sejarah menjadi jauh lebih kinclong!

Inspect History

Inspect History adalah konten kreator edukasi yang bergerak di bidang sejarah, kami membuat konten-konten berbentuk video, yang ditampilkan melalui Youtube. Selain video, kami juga menampilkan berbagai postingan mengenai sejarah, ilustrasi sejarah, pengumuman maupun perkembangan seputar Inspect History, di Instagram kami.

YT: https://www.youtube.com/channel/UCrv-qcKVnKpqt2qC8Wwo3TA

IG: https://www.instagram.com/inspecthistory

Inspect History: “Memajukan Indonesia, melalui konten sejarah yang berkualitas”
“Karena Sejarah itu Penting! – Betul?”

Mengapa kami bergabung dengan Karya Karsa?

Sebagai kreator, kami ingin membuat konten-konten sejarah, namun untuk terus membuat konten-konten seperti ini (meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya), kami memerlukan dana yang tidak sedikit. Selain itu, konten dengan “Tema Sejarah”, seringkali menjadi konten yang mudah terkena “Adsense Kuning” atau bahkan “Adsense Merah”, yang artinya konten -konten tsb, dinilai tidak ramah bagi “sebagian” / “seluruh” pemasang iklan. Hal ini tentu memotong “sebagian” (jika bukan “semua“), pemasukan yang kami gunakan, untuk memproduksi konten-konten.

Dengan dukunganmu, Inspect History bukan hanya mampu untuk terus beroperasi, melainkan juga berkembang menjadi lebih baik. Dana yang terkumpul, akan kami gunakan untuk memproduksi lebih banyak konten, dengan cara membayar illustrator-illustrator baru (baik individu / tim), maupun membuka peluang untuk kontributor-kontributor (writer / research / suara). Dengan langkah tersebut, kami percaya konten-konten yang dihasilkan Inspect History, bukan hanya lebih “berkualitas”, “kuantitas-nya” meningkat, dan bahkan konten-nya lebih “bervariasi”.

Mungkin kamu bertanya, untuk apa kami melakukan hal ini? untuk menyediakan konten-konten sejarah berkualitas, yang dapat diakses semua golongan masyarakat Indonesia, anak-anak sampai orang dewasa, pekerja sampai pemilik usaha, Sabang sampai Merauke. Apa yang Inspect History sedang kerjakan, merupakan bukti bagaimana kami berusaha menjalankan Amanat dari Para Pendiri Bangsa, khususnya dalam Undang-Undang Dasar 1945, yaitu: “Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”

Kami percaya: “Ketika orang baik berkumpul, dengan tujuan yang mulia, hal besar akan terjadi” 

Mari kita yang mampu berkontribusi turut berkontribusi, sehingga mereka yang belum mampu berkontribusi, dapat turut menikmati hasil karya kita bersama 🙂


Kekunoan

Perkenalkan, nama saya Agung Nugraha dari Malang, Jawa Timur.  Selain menggambar, saya mengelola minat saya yang besar di bidang sejarah dengan mewujudkan kekunoan.com. Saya mengusung misi ikut menumbuhkan minat kaum muda agar lebih suka membaca dan mengenal sejarah bangsanya, khususnya sejarah masa klasik nusantara.

Anak muda sebagai generasi penerus harus mengenal dengan baik jati diri bangsa sendiri yang telah berproses melewati masa tumbuh dan kembang sepanjang seribu lima ratusan tahun, hingga menjadi bangsa seperti sekarang ini.

Sebagai wahana pintu masuknya kaum muda bersinggungan dengan sejarah, dibutuhkan media-media belajar dengan pendekatan kreatif nan kekinian dalam rupa infografis, poster, disain batik, stiker, game, film, komik, dll.

Penawaran Karya

Inspect History

Untuk saat ini, kami hanya membuka kotak “Tipping Jar”. Para pendukung Inspect History, bisa mendukung produksi konten-konten kami, mulai dari Rp 10.000. Dukungan kalian, memungkinkan kami menghasilkan konten-konten sejarah, untuk kita nikmati bersama!

Semua pendukung Inspect History di Karya Karsa, nama kalian akan kami tampilkan di bagian credits

Untuk fitur selanjutnya akan diumumkan lebih lanjut, dengan benefits yang lebih menarik 🙂

Dukung Inspect History


Kekunoan

Lewat platform Karyakarsa, saya mengharapkan dukungan anda agar saya dapat menuntaskan proyek komik saya yang berjudul ‘AMOK’.

Komik ini bukan komik sejarah, namun mengambil kisah sejarah sebagai pijakannya. Inti cerita komik berkisar tentang bagaimana kita dapat memetik hikmah dari sebuah kesalahan yang terjadi di masa lalu agar tidak terulang kembali.

Disamping nilai hiburannya, saya menambahkan bobot lebih untuk komik ini dengan catatan-catatan, penjelasan, ataupun artikel kesejarahan ringan.

Semoga berkenan.

KUWU (TIPPING JAR)

Dukung Rp. 10.000,-/ bln

Terima kasih telah mendukung saya berkarya.

Dukung Rp 10.000;-

RAKAI

Dukung Rp. 20.000,-/ bln

Nama kamu akan dicantumkan di halaman credit komik ini. Kamu bisa baca 24 hlm komik ‘Amok’ tiap bulannya.

Dukung Rp 20.000;-

RANGGA

Dukung Rp. 50.000,-/ bln

Nama kamu akan dicantumkan di halaman credit komik ini. Kamu bisa baca 24 hlm komik ‘Amok’ tiap bulannya.
Akses ke artikel/ video kegiatan kesejarahan Kekunoan  Dapatkan 1 T-shirt merchandise komik tiap 6 bulan sekali.

Dukung Rp 100.000;-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *