Menjawab “Saya Kreator, Saya Bikin Apa Di KaryaKarsa ya?”

Rasanya baru sebulan lewat semenjak kami mengumumkan KaryaKarsa.com ke dunia, tapi sebenarnya kami sudah mulai berdiskusi dengan beberapa kreator mengenai rencana ini. Karena memang konsep KaryaKarsa relatif baru, selain menjelaskan konsep KaryaKarsa itu apa, kami juga sering ditanya balik, “saya bikin apa ya?”. 

Pertanyaan ini sangat wajar – karena ini sesuatu yang baru, sulit membayangkan apa yang perlu dilakukan untuk berkarya dengan didukung lewat KaryaKarsa. Jadi, selain mengumumkan beberapa kreator dalam minggu-minggu kemarin, kami juga memutuskan untuk membuat sebuah artikel yang setidaknya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering kami temui saat berdiskusi dengan kreator.

Jadi, KaryaKarsa.com itu apa sih?

KaryaKarsa adalah platform yang mempermudah kreator menerima dan mengelola kontribusi dari fans – bahkan kalau masih dalam proses kreasi. Apabila sebelumnya kreator terpaksa memikirkan output berupa produk rekaman, posting di IG, merchandise, sampai cetak buku komik, kini fans dapat langsung berkontribusi tanpa harus menunggu “wujud”. 

Kami ingin memberdayakan kreator Indonesia untuk lebih mudah mendapatkan uang langsung dari fansnya, atas hasil kerjanya. Caranya pun bermacam-macam, sangat tergantung kreator bisa menawarkan apa kepada fansnya. Kami hanya memuluskan pertukaran uang dan informasi, sehingga pekarya tidak terlalu sibuk urusan logistik dan keuangan. Pernah harus mengurusi open PO? Melacak siapa yang sudah transfer? Memastikan alamat kirim sesuai? Semua hal ini kami dapat bantu. 

Kreator kayak apa sih yang bisa masuk ke KaryaKarsa? 

Pertanyaan bagus, karena idealnya, kami tidak ingin membatasi atau mengkotak-kotakkan. Konten apa yang disukai oleh orang bisa berbeda-beda, toh? Namun, biasanya kami akan melihat hasil kerja kreatornya seperti apa: video (youtube/tiktok/mp4/instagram), audio (podcast/siaran), gambar (fotografi), ilustrasi, komik, komedi, sampai keahlian (seperti ahli gizi, tips olahraga, tips hubungan, dan lain-lain). Lagi-lagi, tidak terbatas pada ini – justru KaryaKarsa kami buat supaya dapat fleksibel mendukung kreator jenis apapun, dengan semudah mencantumkan alamat halaman KaryaKarsa kreatornya di manapun yang tersedia: post caption, profile/bio, Youtube annotation, komen, dan seterusnya.

Kalau mau beberapa contoh kreator yang sudah tampil di KaryaKarsa, bisa lihat di Blog KaryaKarsa.

Saya bingung mau bikin dukungan-dukungannya harus ngapain dan berapa aja. Bantuin mikir dong! Yang bisa dilakukan apa aja sih?

Karena kami ingin memberikan keleluasaan sangat besar pada kreator, kami tidak ingin mengatur karya/kegiatan apa yang bisa ditawarkan, ataupun harga yang ditawarkan. Tapi, ada beberapa garis besar yang bisa diikuti dalam merencanakan struktur dukungannya:

  • Apakah Anda sudah memiliki stok konten untuk 3 bulan ke depan, atau komitmen bekerja untuk 3 bulan ke depan? 
  • Bagaimana Anda akan melibatkan fans dalam kegiatan berkarya Anda? 
  • Apakah ada konten yang pasti akan dibuat, nama fans bisa dimasukkan ke dalam, misalnya, credit title? 
  • Apakah akan ada konten yang akan dibuat khusus sesuai pesanan fans? 

Ada banyak banget kombinasi dan permutasi untuk apa yang bisa dikerjakan dan ditawarkan pada fans, tapi kami selalu sarankan, mulai dari apa yang sudah biasa dikerjakan dahulu, dan kemudian dipikirkan pelibatan fansnya seperti apa. 

Emangnya fans itu pengen apa sih dari karya aku? 

Nah, fans itu memang sudah suka karya Anda. Kalau nggak, mereka nggak akan follow di IG, Youtube, Twitter dan sebagainya. Yang menjadi pertanyaan menarik, apa yang akan membuat fans mau membayar untuk karya Anda?

Jawabannya, sebagian dari fans Anda pasti mau membayar, tinggal bentuknya apa. Ada beberapa haluan yang dapat jadi pertimbangan:

  • Konten personal – dibuat khusus untuk fans
  • Konten eksklusif – konten yang hanya dapat diakses oleh fans-fans tertentu (misalnya, yang bayar X rupiah)
  • Konten shoutout – konten yang menyebut nama fans, misalnya pada credit title, atau dituliskan pada karya

Tentunya bukan hanya ini saja yang dapat dilakukan, tapi haluan ini mudah-mudahan dapat membantu perencanaan konten Anda.

Dari KaryaKarsa nanti dapet uang nggak?

KaryaKarsa bukan talent agency atau semacamnya, jadi kami tidak memberikan advance payment untuk berkarya via KaryaKarsa. Sebaliknya, kami mempermudah kreator untuk menerima uang langsung dari fans melalui platform kami – dan kami hanya meminta 10% dari pemasukan Anda via KaryaKarsa untuk menutup semua biaya platform, biaya transaksi, dan pajak (sesuai peraturan yang berlaku). 

Oke, aku udah siap nih, mau daftar KaryaKarsa gimana caranya?

Berhubung kami masih dalam tahap pengembangan untuk mengejar peluncuran di akhir Agustus, silakan daftar melalui tautan di bawah:

Pendaftaran Kreator KaryaKarsa

Kami akan kurasi dulu kreator yang masuk ya – bukan soal bagus-bagusan, tapi biar servernya nggak meledak pas peluncuran haha. Buat yang daftar duluan – early creators – akan dapat promosi dan iklan dari kita di digital media! 

Ada larangan atau batasan konten nggak di Karyakarsa?

Karena kita adalah usaha berbasis di Indonesia, tentunya kami akan mengikuti segala peraturan dan perundangan yang berlaku di Indonesia – ini juga salah satu fungsi dari kurasi kami. Karena kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk kreator apapun di Indonesia, maka penting juga bagi kami untuk bekerja sesuai koridor hukum yang ada.

Ada pertanyaan dan masukkan? Jangan ragu untuk email kami di ario[et]karyakarsa.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *